Sabtu, 13 Desember 2014

FLOEM LOADING

A.    Mekanisme Air Masuk ke dalam Xylem Akar dan Floem Batang
Ada 3 tipe penyerapan air
1.      Apoplas
Air menembus rambut-rambut akar menuju xylem akar melewati ruang-ruang kosong antar membrane
2.      Transmembran
 Air menembus rambut-rambut akar menuju xylem akar, dengan menembus membrane tumbuhan tetapi tidak melalui PLASMODESMATA.
3.      Simplas
 Air menembus rambut-rambut akar melalui PLASMODESMATA (bagian sel yang tidak menebal) sehingga digunakan untuk komunikasi antar sel.
         ·            Pada pita kaspari (penebalan endodermis) berbentuk jarring-jaring sehingga hanya ada beberapa bagian yang mengalami penebalan. Air yang melewati jalur apoplas tidak bisa melewati jalur pita kaspari yang lurus dengan apoplas sehingga harus lewat jalur yang lain.
         ·            Hanya transmembran dan simplas yang dapat melewati pita kaspari.
         ·            Setelah itu air dapat diserap oleh xylem melalui STELE terlebih dahulu.

B.     Stomata
1.      Peristiwa membukanya stomata
Ketika ada sinar, maka fotosintesis akan berlangsung sehingga terbentuk glukosa pada stomata. Ketika terbentuk glukosa pada sel penjaga maka potensial air semakin rendah sehingga air masuk ke dalam sel penjaga menyebabkan stomata menggembung dan membuka.
2.      Peristiwa menutupnya stomata
Ketika tidak ada sinar, maka glukosa tidak dihasilkan. Sel penjaga mempunyai potensial air yang lebih tinggi, sehingga air keluar menuju sel tetangga.
3.      Peristiwa masuknya ion K+
Ion K+ masuk dengan transport aktif, sehingga potensial air akan turun dan air akan masuk ke dalam sel penjaga.
4.      Ada tidaknya sinar tidak mempengaruhi, tetap menutup atau membukanya stomata untuk mencegah kehilangan air (pada saat ada sinar matahari)
Contoh : Tumbuhan xerofit dan factor cahaya.

C.    Floem Loading
Source : pembuatan glukosa
Sink : tempat penimbunan
      Sukrosa yang dihasilkan daun melalui fotosintesis memasuki floem melalui pembuluh tapis karena banyaknya sukrosa di dalam floem, sehingga potensial air di floem rendah dan menyebabkan air dari xylem menuju ke floem dengan cara osmosis. Dan mengakibatkan terjadinya potensial turgor yang tinggi, menyebabkan pergerakan air bersama sukrosa dari source ke sink.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar